Dengan perjuangan ngumpulin uang, saya berencana mau beli FU di bulan ini. Tapi banyak juga teman2 yang nyaranin untuk tidak beli FU karena beberapa hal yang menurut mereka merugikan konsumen al:
1. Boros.
2. Spare part tidak tersedia secara lengkap.
3. Harga part mahal.
4. Mekanik handal kurang tersedia bahkan di bengkel resmi juga.

Saya pikir penilaian ini subjektif.. Untuk itu saya minta saran/masukan dari rekan2 sekalian, Apa yang membuat saya harus lebih memilih FU dari yang lain??

——————————-
1. boros? Ngga tuh FU gw terakhir jalan keluarkota sanggup jalan dari bogor – sukabumi – ujung genteng dengan bensin 4,7 liter menempuh jarak kurang lebih 170 KM. kondisi spuyer waktu itu 40/122. saksinya banyak. Dan kl di dalam kota pokoknya PP 40KM, plus macet2an… isi setiap 2 hari sekali 20rb s/d 25rb pertamax plus
2. parts? Dulu sih iya sekarang mah membundel banyak, ga perlu takut
3. betul lebih mahal dikit, tapi awet ! pilih mana coba harga murah tapi sering ganti? Contoh FU gw dari thn 2005 (mei) klaher roda br 1x ganti aja itu pun gara2 sering ngehajar lobang. Lainnya masih berfungsi normal 4. mekanik handal? Udah bejibun mas…. Mau di beres ok, di bengkel pinggiran jg banyak yg okeh…. ——————— 1. Boros >>> Ini salah. Motor gw lebih irit dari motor YAHAMA nya komeng. Silahkeun kalo mo nyobain.

2. Spare part tidak tersedia secara lengkap.

>>> Gw belum pernah mengalami kesulitan dalam hal spareparts

3. Harga part mahal. >>> dibandingkan dengan motor apa? Kalo menurut saya ini relatif terjangkau. Kalau masalah harga accessories, sama aja dengan motor yg lain, ada yang murah dan ada juga yang mahal.

4. Mekanik handal kurang tersedia bahkan di bengkel resmi juga.

>>> wah, yang bilang gitu pasti orangnya gak gaul or mungkin kurang gaul. No offense ya. Menurut pengalaman gw, yang harus diperhatikan kalo lo memutuskan beli FU adalah:

1. Riding posistion untuk si pengendara dan boncengernya. Ini beda banget dengan motor harian umumnya. Tapi gw sendiri gak butuh waktu lama untuk menyesuaikan diri.

2. Di jalan sering banget ketemu motor2 yang memberikan signal pengen nge test. Sabar aja bro, kalo gak sabar ya di gas aja. kekekekek….

—————————————————-

> 1. Boros. dibandingin dengan motor apa dulu? motor bebek 125cc? seperti honda? jelas jauh bro, FU pasti kalah irit sama bebek2 ini. di saat Anda membeli FU, berarti faktor boros adalah nomer kesekian, nomer satunya adalah gaya (seperti kata bro alex). Anda sendiri mengatakan bahwa FU ini motor sport, jadi konsekuensinya adalah: dijamin tidak bisa membawa keluarga (suami, istri & anak), boro2 keluarga, bawa pacar aja kadang suka ngamuk2 karena joknya kurang nyaman huehehehe… anggap saja FU ini motor egois, hanya nyaman untuk 1 orang.

> 2. Spare part tidak tersedia secara lengkap.

alhamdulilah semenjak FU CKD (lokal) dijual, sparepartnya bertambah lengkap dan jauh lebih murah, contoh: kampas rem belakang kalo dulu bisa sampe 100ribuan, sekarang dibawah 50ribu. > 3. Harga part mahal. tipikal suzuki: onderdil2 kecilnya murah2 (misal: busi, filter udara & filter oli), tapi kalo onderdil yg besar2 (klep, rante keteng, seher, dll) biasanya mahal. Anda beli shogun pun blom tentu partnya lebih murah. kalo mau murah, beli motor honda, sparepart asli dan imitasi tumpah ruah dipasaran, kalo suzuki blom tentu ada imitasinya, justru menurut saya ini adalah kelebihannya.

> 4. Mekanik handal kurang tersedia bahkan di bengkel resmi juga.

ngga juga, sekarang makin banyak yg handal. bahkan bengkel2 non resmi pun sudah lumayan banyak yg hebat2. di saat anda jatuh cinta pada FU, beli aja🙂

——————

buat perbandingan aja, kalo FU standar, rata2 1 liter pertamax bisa utk menempuh jarak 30 – 35KM (tergantung kondisi jalan dan riding style). dan jikalau ada yg bisa sampe 40 – 45 KM per liternya, itu brarti motornya sudah dimodif sedemikian rupa dengan harga yg tidak murah tentunya. ——————————-

Melihat dari pilihan alternatifnya dan maunya kelas bebek underbone, Dari sisi design: – yang paling cocok untuk underbone ya satria F. – CS1 tampilannya gw bingung itu maunya model apa. (ini tergantung selera masing2) – Satria FU, belakang sudah disc (Yahama MX belum). Kalo mo nambah rem disc belakang yang bagus bisa sampai 1jutaan lebih. dari konsumsi bbm: – di email gw seblumnya udah gw jawab perbandingan antara Satria FU dan MX – Kalo dengan yg CS1 gw belum tahu. Tambahan: – Suzuki Satria FU itu sebutannya “Hyper underbone” – Gw punya sepupu yang pakai Yahama MX, tapi saat ini dia sudah ganti satria FU. Alasannya: kalo mo dibikin setara dgn satria F biaya yang dikeluarkan lumayan besar. mending beli satri F sekalian. – Gw punya temen yg ganti dari Satria F ke Yahama MX. Alasannya: Kesulitan bonceng anak sekaligus bini. – Bener kata om leo, “di saat anda jatuh cinta pada FU, beli aja :)”

————————

> 1. Boros. dibandingkan dgn motor apa nih bro?g bisa jg dibilang boros,pan mesinnya gede.lagian sebanding kok dgn tenaganya..

> 2. Spare part tidak tersedia secara lengkap.

itu dulu bro,waktu awal keluarnya ep yu.sekarang dah komplit,paling yg g di stok komponen slow moving,itu pun kalo order paling lama 5hari kalo di makassar.kalo di jkt pasti lebih cepat lagi

> 3. Harga part mahal. relatif bro,kalaupun mahal itu karena emang bahan nya kuat.lu percaya kalimat ada harga ada rasa kan??

> 4. Mekanik handal kurang kalo mekanik handal kurang,trus ep yu-ep yu yg larinya kaya setan itu siapa yg korek bro?? satu lagi bonus yg samaskali g bisa ditebus dgn uang.lu bakal dapat banyak brother….

—————————–

Iya seperti temen2 bilang, loe mo beli FU buat apaan ? kalo harian dan lifestyle cocok bgt. Loe seneng kenceng dan model nya yg hyperbone dan buat “musuh” jiper ya FU. Tapi kalo buat mengarah ke bisnis yang membuat loe pake FU buat keliling2 mendingan tar dulu Bos. Bensin nya lumayan boros kalo loe bandingin ama Supra/Jupiter/Vega/Smash. Tapi kalo ama MX ya rada2 imbang, tapi kalo soal lari ama MX jauh….hhh bgt😀 Memang FU minum bensin lumayan kuat, tapi seimbang dengan lari dan performa yg loe dpt. Kalo cuma Tiger, Scorpio, dll dia masih bisa imbangin walaupun cuma 150cc. Apalagi yg sekelas ama dia CBR, kelaut aja tuh .. menang mahal doang. FU gak harus pake Pertamax / Pertamax Plus / sekelasnya, gua jg dah pindah lagi keawal pake premium tapi tetap mumpuni buat lari, temen2 jg byk yg pake premium. Kalo ada lebih2 … boleh sekali2 isi shell / pertamax+ Trus masalah sparepart gak usah khawatir, spt kata temen2 dulu mang susah tapi skrg dah byk bgt. Bisa dikata udah gak inden2-an lagi. Kalo pun di BERES kecil gak ada, pasti di BERES Gede ada. Atau mendingan loe servis di BERES gede skalian. Atau loe cari brg2 after market jg byk. Hubungin aja temen2 di SSFC, tinggal ngomong mo barang apa jg ada disini hehehe… Mengenai sparepart mahal, gak juga. Gir rante dia beda gak jauh dengan part HONDA grand asli😀 yg laen2 jg gitu, gak beda2 ampe kyk Tiger / Thunder 250. Nah buat mekanik, loe musti cari tau disini. Loe didaerah mana ? tinggal ngomong BERES mana yg bagus sekalian montirnya sapa yg bagus😀 Gua baru pake motor kopling sekali ini, dulu pake grand Dan gua puas sekali dengan FU.

1. Gas gak pernah keabisan ditangan 2. Disenangi teman, disegani lawan hehehehe

3. Sering diuber2 MX yg sampe sekarang masih suka penasaran mo lewati FU😀

4. Gak perlu modif dah bagus dari pabriknya

5. Mo kenceng ? tinggal ganti karbu ma CDI udah ngacir, kalo ada “lebih” beli knalpot juga\

6. Kalo loe kerja yg mengharuskan loe pulang ampe tengah malem loe masih aman2 aja krn King jg segen ma FU😀 Saran gua, kalo pilihan loe antara FU / MX saran gua mendingan FU dari pada tar2-an nyesel kyk temen gua.

———————————-

jgn ambil fu dah bro klo ragu, beneran dah daripada pastinya ntar lo nyesel klo dibandingkan dgn 2 pembanding diatas… nyesel krn ga bisa pelan cuma dgn minum minimal pertamax yg perbandingan nya 1:35 s/d 1:45😉 hanya dgn ganti cdi & koil🙂

———————————–

oh ya tidak ketinggalan juga, jgn melulu memikirkan soal borosnya, tapi perlu diperhitungkan juga beberapa hal yg sering dikeluhkan orang2 ttg FU:

– suara kasar mesin FU kalo sudah panas, dari suara spt mesin jahit sampe kayak parutan kelapa. – knalpot suka nembak

– lemahnya per tensioner sehingga ikut memperparah suara kasar mesin.

– lampu headlamp yg terasa tidak cukup terang untuk kondisi malam hari.

– posisi stang yg rendah bikin pegel tangan, bahu dan punggung. saran saya sih kalau ada temannya yg punya FU, mendingan test ride dulu aja. jgn sampe menyesal setelah membeli.

———————————–

saran gue sih jangan dulu beli FU .. mending beli motor lain aja .. setelah menunggangi motor “lain” itu, dijamin! setiap FU yang melintas dihadapan pandanganmu, hatimu pasti bergetar kawan! dan akhirnya menyesal .. awal2 sih nggak nyesel .. tapi makin hari makin kuat rasa penyesalannya.. begitulah perasaan saya waktu menunda beli FU dan akhirnya pilihan jatuh ke Shogun .. tp ternyata bisikan dan godaan terlalu kuat, shogun hanya berumur 21 bulan, iman sejati luluh lantak dengan kehadiran FU black! hati ini tak kuasa menahan keinginan menggenggam si hitam .. coba2 menipu diri dengan meminjam FU CBU milik kawan lama, si Biru Hitam. hati berdegup kencang .. bergumam sambil menempuh 140KM/jam .. ohh Tuhan, beginikah rasanya nikmat dunia sesaat .. nikmat tiada tara mengendarai si kuda hitam .. 21 bulan sudah Shogun dengan setia mengisi hari-hariku .. akhirnya dilepas karena ada sobat kepincut shogun ku nan kinclong dan ciamik standar.. dilego 8,5jt selamat tinggal kawan .. selamat tinggal F 4489 GT dua hari berselang lgs dp FU CKD Grey Black .. cukup menunggu beberapa bulan.. si hitam abu pun lunas .. selamat datang pujaanku .. selamat datang F 5000 MI cinta bukan kepalang nikmat semilir angin saat mengendariamu .. lirikan mata gadis-gadis genit sama si hitam .. terlebih memacunya hingga 146KM/jam standar untuk memuaskan hati kesulitan demi kesulitan pun teratasi .. diimbangi dengan hadirnya pundi-pundi keuangan yang mendukung .. lifestyle .. kegunaan .. manfaat .. kepuasan .. membuncah seiring dengan ketetapan hati. jadi intinya .. jangan beli FU!! (loh koqq??)

—————————

silahkan tambah sendiri…….

sumber : milis ssfc