Jum’at, 15 Juni 2007

Saya mau membagi pengalaman buruk yang di alami adik saya di kampus UI Depok…

Kemarin,hari kamis,tanggal 14 Juni 2007, adik saya datang ke kampus UI untuk bertemu temannya disana.

Motor di parkir di depan mini market & ATM yang berada di halaman kampus UI, karena adik saya hanya sebentar saja di sana untuk meminjam buku dari temannya…

Sekitar 10-15 menit, adik saya keluar kampus untuk pulang, tapi alangkah terkejutnya adik saya, karena motornya telah hilang…

setelah di pingpong ke sana-kemari oleh satpam2 brengsek di kampus itu, adik saya menghubungi saya. Saya sarankan untuk lapor ke kantor polisi terdekat.

Akhirnya adik saya menghampiri lagi satpam2 itu untuk minta informasi tentang kantor polisi terdekat…!

berikut perbincangan adik saya dengan para satpam itu setelah putus asa mencari informasi tentang motornya…

adik saya : pak, dimana kantor polisi terdekat?

satpam1 : (terkejut) mau ngapain ke kantor polisi,dik?

adik saya : lho…motor saya kan hilang disini pak n bapak2 tidak bisa membantu saya, jadi saya mau lapor polisi…

(mulai agak panik)

satpam 1 : (melirik temannya) coba lihat STNK,KTP n SIM adik…

adik saya : buat apa,pak?

satpam 2 : katanya motor adik di parkir di depan mini market itu,,,jadi saya mau nyocokin no. polisi motor adik…

adik saya : memangnya motor saya ada dimana,pak?

satpam 2: motor adik kami pindahkan ke pos satpam (n letaknya di belakang mini market!!!)

adik saya : (lega, bercampur marah…) alhamdulillah…memangnya kenapa motor saya di pindahkan,pak?

satpam 1: yang parkir di situ hanya untuk pengunjung yang tidak lama waktu berkunjungnya,dik…karena sudah 17 kali kejadian motor hilang disini…kami hanya mengamankan motor adik agar tidak terulang lagi…

adik saya : tapi saya tidak lama,pak…hanya 15 menit saya tinggalkan, masa’ bapak pindahkan begitu saja sih?

satpam 2: karena adik tidak berkoordinasi dengan kami saat akan parkir di situ…

(???? alasan macam apa ini?)

adik saya: motor saya kan di kunci stang n di kunci cakram, pak…bagaimana bapak mindahinnya?

satpam1: kami berdua yang memindahkannya…saya angkat ban depannya n teman saya mendorong bagian belakang motor…

(????makin gila aja nih satpam2)

adik saya: (???) sudahlah,pak…terima kasih banyak…

(satpam2 itu menolak uang ucapan terima kasih dari adik saya)

singkat kata, adik saya sudah sangat bersyukur kare! na motornya sudah di temukan, jadi tidak mau memperpanjang masalah n langsung pulang dari kampus itu…

Mendengar cerita adik saya tersebut, ada beberapa hal yang membuat saya sangat geram…

1. Satpam2 itu seenaknya memindahkan motor pengunjung tanpa sepengetahuan pemilik motor.

2. Biasanya petugas parkir/satpam memindahkan motor hanya dengan menggeser-geser motor tidak jauh dari posisi parkir semula. Tidak seperti satpam2 itu yang (seperti maling motor) memindahkan motor dengan mengangkat ban depan dan mendorong motornya sampai ke pos satpam di belakang mini market…

3. Saya curiga…jangan2 kejadian motor yang sering hilang itu ada hubungannya dengan perbuatan yang seperti di lakukan satpam itu. (jangan2 ada sindikat pencuri motor berbaju satpam, karena orang2 tidak akan curiga jika satpam memindahkan motor).

4. Sejak kapan kita harus berkordinasi dengan satpam saat akan parkir, karena jelas2 adik saya parkir di depan mini market yang merupakan tempat parkir umum…! Dan mana mungkin satpam2 itu tahu bahwa adik saya akan lama atau sebentar di situ.

5. Sudah tahu adik saya sedang bingung mencari motor, tapi mereka memping-pong adik saya dan berbelit-belit. Baru ngasih tahu bahwa motornya ada di pos satpam saat adik saya sudah mau ke kantor polisi.

(tindakan pengamanan macam apa itu?)

6. Apakah mereka berhak melihat STNK,SIM n KTP adik saya untuk memastikan bahwa itu memang motor adik saya?

7. Selain adik saya, banyak motor yang parkir di situ, tetapi kenapa hanya motor adik saya yang di pindahkan…n kenapa harus di belakang pos satpam yang tersembunyi???

Saya tidak hendak menjelek-jelekan Kampus UI dan Civitas Akademiknya,,,tapi jujur saja saya sangat kecewa dengan satpam2 di kampus itu, karena sudah membuat orang stress dan bingung…

Mungkin klo adik saya tidak men! anyakan kantor polisi, satpam2 itu tidak akan memberitahukan posisi motor adik saya. Mungkin mereka panik n takut di datangi polisi karena takut kebusukan mereka terbongkar…

Semoga rekan2 yang lain menjadi lebih waspada saat akan memarkir motor di kampus UI…

(Tapi,,,kalau satpam2 UI sudah berani memindahkan motor dengan cara mengangkat ban depan dan mendorongnya,,,apa fungsinya kunci stang, gembok n kunci cakram???)

Apakah kita harus mengunci n mengikat motor kita di pohon klo hendak parkir motor di kampus UI?

Sekali lagi, e-mail ini bukan untuk menjelek2an Kampus UI, tapi agar rekan2 yang lain waspada dan tidak mengalami kejadian buruk seperti yang di alami adik saya…

Regards,,,

Achmad R

sumber : milist [suzuki-2wheels]