Tour d’Blitar
31-May s/d 4-Juni-2007

Hari : Kamis
Tanggal : 31-May-2007
Jam : 19.00 s/d 21.29
Para peserta berkumpul di Padepokan S2W Ciracas, begitu pula dengan para pengantar. Waktu yang telah ditentukan agaknya mundur 30 Menit dikarenakan menunggu kedatangan 2 rekan kita (Bimbas dan Saeful).
Peserta yang berangkat terdiri dari : Zulux, Andre, Vincent (3 Ninja), Saeful (1 CBR), Bimbas (1 Tiger), Pribowo, Jayantoro, Syamsul (3 FU150), Irfan (1 MX125), Arman (1 Thunder125), Ery dan Wahban (2 Smash). Ini merupakan pasukan dari berbagai club/komunitas motor.
Setelah diadakan briefing, mengecek seluruh perlengkapan, berdoa bersama, maka tepat pukul 21.30 pasukan mulai bergerak diiringi lambaian tangan para pengantar.
Jalur yang dilalui Ciracas – Cibubur – Jl.Raya Bogor – Bogor. Pasukan mulai terpecah di jalan yang dilalui, namun RC Andre memberikan waktu jeda di Warung Jambu Bogor untuk mengumpulkan kembali para peserta, namun Vincent (Ninja) tidak dapat melanjutkan perjalanan dikarenakan ada trouble di mesin motornya. Thanks Vincent atas partisipasinya walaupun hanya sesaat.Selanjutnya tanpa membuang waktu pasukan langsung melanjutkan perjalanan menuju Bandung. target harus sampai jam 00.00. Jalur yang dilalui Bogor – Puncak – Cianjur -Raja Mandala – Padalarang – Cimahi.
Pasukan memacu kendaraannya dengan maksimal tanpa berhenti sama sekali kecuali isi bensin, pengetesan motor terjadi di jalur Raja Mandala yang sepi dan gelap begitu pula di jalur Padalarang yang berkelok-kelok.

Hari : Jum’at
Tanggal : 01-Juni-2007
Jam : 00.15
Cimahi sampai (telat 15 menit dari waktu yang ditentukan). Pasukan disambut oleh S2W Reg.Bandung (Utu dkk) dan Inbiker (Bowie dkk). Setelah ngobrol sebentar serta pemberian cinderamata, pasukan langsung berangkat dan dikawal menuju Cibiru – Cileunyi. Sempat ada trouble di motor Ery, namun bisa diatasi. Pasukan langsung berangkat diiringi lambaian tangan para pengantar.
Jalur Nagrek yang berkelok-kelok, turunan curam, tanjakan terjal menghadang di depan mata, malam / pagi buta yang larut dan gelap ditambah udara dingin, pasukan terus memacu. Terjadi lagi trouble di motor Ery dikarenakan CDI BRTnya kagak kuat panas dan harus diganti diCDI Standard. Setelah beres pasukan berjalan kembali, tanpa kenal istirahat karena mengejar target (jam 05.00 pagi sudah masuk kota Yogya). Rombongan terpecah 3 bagian, yang pertama Syaeful (CBR) berjalan sendiri tanpa menunggu rekan2x yang lainnya, yang kedua Zulux (Ninja) dan Irfan (MX) berjalan beriringan dan yang terakhir 8 peserta yang dipimpin oleh Andre (Ninja).

Jam : 06.30
Wangon (Jawa Tengah)
Setelah melalui jalur Nagrek – Malangbong – Ciamis – Banjar – Majenang – Gunung Lumbir – Wangon, pasukan dua mencoba menghubungi Saeful yang ternyata sudah mencapai Kutoarjo. Lalu menghubungi pasukan tiga ternyata masih di daerah Majenang belum masuk gunung Lumbir. Dari pasukan tiga dikabarkan bahwa Arman (Thunder) mundur dari tour d’Blitar ini dikarenakan motornya terasa kurang enak, padahal sayang sekali sudah masuk Majenang. Thanks Arman atas partisipasinya. Setelah istirahat sejenak pasukan dua langsung bergerak menuju Yogya tanpa istirahat sama sekali dikarenakan target sudah jauh meleset. Catatan kecil, di Gunung Lumbir jam 05.00 pagi ternyata turun kabut, hal ini yang membuat pasukan agak tersendat dikarenakan jarak pandang ke depan sangat dekat sekali dan tidak bisa maksimal memacu kendaraan.
Jalur Gombong – Kebumen – Purworejo – Kutoarjo – Purwodadi – Wates – Bantul – Yogya dilalui.

Jam 08.30
Yogyakarta
Dua jam perjalanan dari Wangon – Yogyakarta, tanpa istirahat. Setelah menghubungi S2W Reg.Yogyakarta (Maulana) pasukan dua langsung diarahkan Mess Asrama Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Setelah ngobrol sebentar disuguhkan makan dan minum serta tempat tidur untuk istirahat. Pasukan satu sudah lebih dulu sampai di Yogya namun istirahatnya di tempat lain, pasukan tiga masuk kota yogya jam 11.00. Sholat Jum’at (ada yang sholat kagak ya ?). Istirahat cukup lama dikarenakan memulihkan tenaga yang terkuras. Thank Maulana atas penyambutan, kesediaannya memberikan tempat istirahat dan pengawalannya.

Jam 15.30
Klaten
Setelah berfoto bersama, pasukan dikawal Maulana menuju Klaten dan dilepas lalu bergerak menuju Blitar. Jalur yang dilalui Yogyakarta – Klaten – Boyolali – Kartosuro – Solo – Ngawi – Caruban
Pasukan pun terpecah 3 lagi, Saeful (CBR) terus merangsek ke depan tanpa menunggu yang lain, pasukan dua tetap Zulux dan Irfan ditambah Bimbas (Tiger), pasukan tiga 6 peserta tetap dipimpin oleh Andre (Ninja).

Jam 17.30
Dijalur Ngawi menuju Caruban, disaat kendaraan sedang dipacu tiba-tiba Ninja Zulux mengalami trouble. Socket CDI patah. Ini membutuhkan waktu cukup lama dikarenakan harus menunggu Syamsul (Mekanik) yang berada di pasukan tiga.

Jam 19.00
Pasukan tiga sampai dan tanpa menunggu waktu lama langsung diperbaiki, kira2x butuh waktu 30 menit untuk memperbaikinya, sambil menunggu diperbaiki beberapa peserta ada yang mandi dan membasuh muka agar terasa segar kembali.

Jam 19.30
Pasukan berjalan beriringan menuju Blitar minus Saeful yang lebih dulu sampai di Blitar.
Jalur yang dilalui Ngawi – Caruban – Nganjuk, sampai di Nganjuk pasukan istirahat untuk makan malam. Setelah dirasa cukup makan dan istirahatnya, pasukan bergerak kembali, dengan jalur Nganjuk – Kediri -Tulung Agung – Blitar.

Jam 22.15
Pintu masuk Kabupaten Blitar
Pribowo mengalami kecelakaan motor. Motornya menabrak mobil yang mengerem mendadak. Alhasil Bowo mengalami patah tangan kirinya dan dengkulnya lecet-lecet. Motornya sendiri cukup parah. Namun sayang mobil yang ditabrak tersebut melarikan diri tanpa bisa dikejar oleh yang lain. Setelah dibantu dan diberikan pertolongan pertama oleh para penduduk setempat, Bowo dinaikkan mobil Pick-Up bersama Motornya.

Jam 23.00
Rumah Syamsul – Blitar
Pasukan sampai ditempat dan disambut oleh tuan rumah, setelah memarkir motor dan bersalaman, Bowo langsung malam itu juga dibawa ke tukang urut patah tulang dengan ditemani oleh tuan rumah.

Hari : Sabtu
Tanggal : 02-Juni-2007
Jam : 00.00
Pasukan langsung istirahat total, tidur dan sambil menunggu Bowo selesai di urut.

Jam : 07.00 – 10.00
Makan pagi, review perjalanan, mengecek kondisi Bowo, mengecek kendaraan, persiapan menuju tempat pariwisata dan menunggu kedatangan pasukan WBC (Wikusama Bikers Community) pimpinan Timtim.
Timtim dkk datang bersama Saeful, bersalaman, berbincang-bincang, pertukaran cinderamata dan mengajak jalan ke tempat wisata.
Pasukan berangkat ke wisata yang ada di kota Blitar (Makan Bung Karno dan Candi Penataran), minus Bowo yang harus diurut kembali karenakan nanti sore Bowo akan berangkat ke Jakarta.

Wisata Makam Bung Karno cukup lama di sana setelah puas dilanjutkan menuju Candi Penataran. Dikarenakan cuaca kurang bersahabat, maka diputuskan dari Candi langsung pulang (harusnya ke Gunung Kelud untuk melihat jalan bermagnet).

Jam 17.00 – 18.30
Setelah istirahat, Zulux, Syamsul, Ery, Jay dan Saudaranya mengantarkan Bowo menuju Stasiun Kereta Api Blitar. Selamat jalan kawan, cepat sembuh ya dan jangan kapok ya. (baru kali ini ada yang kecelakaan parah tapi masih bisa senyam-senyum dan bisa godain cewek).

Jam 20.00
Tim-tim dkk mohon pamit untuk pulang menuju Malang, Bimbas ikut tim-tim, namun berjanji jam 05.00 besok akan sampai di Blitar kembali begitu juga Syaeful ngingap di rumah kakeknya dan Andre menginap di rumah Paklenya.
Blitar Ninja Fans Club (BNFC) datang bersilaturahmi ke rumah Syamsul (mohon ma’af harusnya kami / tamu yang sowan ke BNFC selaku tuan rumah, sekali lagi mohon ma’af ya kawan). BNFC dipimpin oleh Heri, jumlah yang datang banyak sekali sekitar 40 orang, malam itu ramai sekali dengan Ninja-Ninja Blitar. Untuk NICS Malang (Rendry, Wendi, Ronald dkk) mohon ma’af kawan kami tidak bisa ke Malang dikarenakan waktunya sempit dan juga harus mengurus rekan kami (Bowo red) yang kecelakaan. Next time kami akan coba datang lagi ke Blitar dan Malang.
Setelah berbincang-bincang, makan malam dilanjutkan dengan peetukaran cinderamata.

Jam 22.00
BNFC pamit mundur untuk melanjutkan pertemuannya di Pangkalan (istilah BNFC). Kamipun melanjutkan briefing untuk kepulangan besok harinya lalu istirahat (tidur).

Hari : Minggu
Tanggal : 03-Juni-2007
Jam : 04.30 – 06.30
Satu persatu peserta mandi, sholat shubuh dan berkemas lalu makan pagi, Bimbas, Syaeful dan Andre sudah datang untuk bergabung dengan pasukan.
Setelah briefing dan berdoa serta pamitan dengan tuan rumah, pasukan bergerak menuju Jakarta.
Jalur yang dilalui berubah dari jalur keberangkatan yaitu : Blitar – Tulung Agung – Trenggalek – Ponorogo – Pacitan
Catatan kecil diperjalanan pulang ini, jalur yang dilalui sangat-sangat berbahaya dikarenakan melalui daerah pegunungan dan pesisir pantai Baron.
khusu pegunungan Trenggalek – Ponorogo – Pacitan, pasukan harus berhati-hati dikarenakan banyak sekali tikungan-tikungan tajam, berkelok-kelok, jalan berpasir, turunan dan tanjakan serta dipinggir banyak jurang. Pemandangan yang disuguhkan sungguh sangat bagus sekali, daerah ini jarang sekali dilalui terlihat dengan sepinya jalan. Hutan lebat, gunung kapur, sungai, pesisir laut Baron dan air terjun merupakan pemandangan alam yang bagus. Perjalanan yang sangat melelahkan dan berbahaya.

Jam 12.00
Pacitan
Istirahat cukup lama sambil makan siang dan mengganti oli motor Saeful, Bimbas dan Ery. setelah dirasakan cukup perjalanan dilanjutkan kembali menuju Wonogiri. Jalur Wonogiri merupakan jalur paling berbahaya dikarenakan jalurnya kecil dan banyak tanjakan dan turunan yang tidak terlihat (istilahnya jalan Ciluk Ba). Jalur ini banyak sekali Ciluk Ba nya akibatnya tenaga banyak terkuras, peserta banyak yang kelelahan. Akibatnya Ery terjatuh dari motor dikarenakan kelelahkan, turut berduka ya kawan, namun masih bisa senyam-senyum dan merokok. (orang jatuh dari motor kok ketawa-tawa yaa, bingung ?)

Jam 17.00-20.00
Yogyakarta-Bantul-Wates-Kutoarjo
Istirahat di Kutoarjo sambil makan malam, setelah cukup dilanjutkan kembali perjalanan. Mata mulai mengantuk, badan terasa lelah namun terus dilanjutkan, sampai di dari Majenang, pasukan total istirahat sampai shubuh karena sudah tidak kuat lagi menahan kantuk.

Hari : Senin
Tanggal : 04-Juni-2007
Jam : 05.30
Majenang
Setelah Sholat Shubuh (ada yang Sholat kagak ya)
pasukan melanjutkan perjalanan kembali, di Ciamis motor Wahban harus dibetulkan karena lampu belakangnya hampir terjatuh. 30 menit perbaikan langsung berangkat kembali. Raja Polah pasukan istirahat guna makan pagi. Setelah istirahat lanjut menuju Bandung dengan melalui jalur Nagrek yang berkelok-kelok, setelah sampai di daerah Cileunyi pasukan istirahat kembali dikarenakan Syamsul dan Syaeful sudah tidak tahan ngantuknya.

Jam 13.00
Setelah cukup istirahat, pasukan melanjutkan perjalanan menuju Jonggol, di Bandung sempat saling tunggu dikarenakan ada yang tercecer (bandung macet sekali yaa)

Jam 14.00 – 16.30
Jonggol
jalan santai dan istirahat di puncak Jonggol, makan siang bersama dan setelah itu briefing terakhir serta mengucapkan salam perpisahan. Thanks kawan semua atas partisipasinya.

Jam 16.30
lanjut perjalanan menuju Jakarta, daerah Cileungsi – Cibubur macet total.

Jam 17.30
Tiba di Jakarta
Kami mengucapkan terimakasih kepada :
– ALLAH SWT yang telah melindungi kami semua baik pergi maupun pulang
– Rekan-rekan peserta (10 orang) yang mau ikut dalam program Tour d’Blitar ini
– Rekan-rekan yang batal ikut namun memberikan bantuan dananya termasuk yang mundur teratur
– Keluarga rekan-rekan semua (Istri, anak dan pacar) yang sudah memberikan izin dan mendoakan
– keluarga Syamsul selaku tuan rumah, terimakasih banyak atas tempat dan suguhannya
– Kapten Richie yang telah memberikan Surat Perintah Jalan
– Pak.Rahmat PetroChina yang telah memberikan bantuan First Aid Kit
– Rekan-rekan yang ikut mengawal, menyambut dan mengantar keberangkatan pasukan
– S2W Jakarta, S2W Bandung, S2W Yogyakarta, Inbike, WBC Malang dan BNFC serta NICS
– Rekan-rekan semua yang memberikan support baik via Telpon, SMS dll.

Salam dan jabat erat selalu
10 orang Privateer Team
(Zulux, Andre, Bowo, M.Irfan, Syaeful, Bimbas, Jayantoro, Syamsul, Ery Firman dan Wahban)

sampai bertemu di Tour d’Bali
Sendi, Wewet dkk Reg.Bali, tunggu kami akan datang menjumpai kalian semua.

Foto-foto dan film menyusul

Advertisements